Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tidak Bisa Dicairkan Sebelum Usia 56 Tahun

Permasalahan mengenai pencairan dana JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan saat ini masih bergejolak. Apakah benar bila dana ini dapat dicairkan sebelum pekerja berusia 56 tahun? Untuk itu, simak ulasannya berikut ini. 

Peraturan pencairan dana JHT ketika pekerja berumur 56 tahun ada di Peraturan Pemerintah Ketenagakerjaan No. 2 tahun 2022 mengenai tata cara dan juga syarat-syarat pembayaran manfaat JHT (Jaminan Hari Tua). 

Peraturan tersebut akhirnya banyak menimbulkan pro dan kontra, terutama untuk para pekerja. Akibat peraturan tersebut mengenai pencairan dana JHT, banyak buruh dan pekerja yang merasa sangat dirugikan sebab mereka tidak dapat menerima dana tersebut sebelum usianya masuk dalam usia pensiun. 

Dikutip dari laman BPJS Ketenagakerjaan, Dian Agung Senoaji selaku Direktur sektor Hubungan Masyarakat mengungkapkan jika peserta masih dapat mencairkan sebagian saldo JHT, walaupun belum berumur 56 tahun. 

Lalu, untuk pencairannya sendiri, Agung memberitahukan bila dapat dicairkan sebagian sekitar 30% dan 10%. Untuk sisanya akan diberikan saat pekerja memasuki usia 56 tahun. 

Jadi, dana JHT BPJS Ketenagakerjaan ini Anda bisa mendapatkannya sebelum umur 56 tahun. Nah, bila dana tersebut sudah cair, ada baiknya digunakan untuk hal-hal yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah juga, seperti berbisnis. Disini kami telah menyiapkan ide-ide bisnis yang bisa menjadi referensi Anda. Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan dari Dana JHT BPJS TK 

  • Kontrakan atau rumah kos 

Usaha yang bisa anda mulai dari dana BPJS ketenagakerjaan ini yaitu kontrakan atau rumah kos. Untuk memulai usaha ini ada baiknya Anda melakukan survey mengenai peluang usaha di lingkungan tersebut khususnya di wilayah perkantoran atau dekat kampus. Untuk dapat mempersiapkan bangunan kontrakan atau rumah kos memang dibutuhkan modal yang sangat banyak. Anda dapat memakai dana tersebut untuk keperluan ini.

Sudah kontrakan atau khas terbangun, Anda dapat menyediakan beberapa fasilitas supaya para pengguna nyaman. Hitung juga harga sewa supaya sebanding dengan semua fasilitas yang telah berikan.

  • Rental kendaraan

Jasa kendaraan mobil atau motor pun dapat dijadikan usaha sesudah Anda mendapatkan dana BPJS TK. Usaha ini akan sangat laku bila anda membuka nya di tengah kota yang ramai ataupun lokasi wisata. Pastinya untuk memulai usaha ini Anda wajib memiliki beberapa unit kendaraan mobil atau motor yang dapat dipakai guna disewakan..

 Apabila anda tidak mempunyai kendaraan, maka Anda dapat membelinya secara kredit atau apabila uangnya cukup anda bisa membayarnya secara tunai. Supaya usaha anda provit, Anda harus melakukan promosi yang dapat membantu masyarakat mengenal usaha tersebut.

  • Franchise

Ide selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu berbisnis waralaba atau biasa dikenal dengan franchise. Usaha yang satu ini sedang banyak dilakukan oleh pensiunan. Hal tersebut sebab anda hanya perlu peman tahu supaya usaha ini tetap mendapatkan profit. Selebihnya, tugas yang lain dijalankan oleh pegawai.

Untuk memulai usaha franchise, Anda dapat menentukan lebih dulu, usaha waralaba apa yang ingin Anda jalankan, apakah minuman, makanan atau yang lainnya. Modal yang dibutuhkan membangun usaha ini pun relatif kecil.

  •  Perkebunan atau peternakan

Bisnis yang satu ini cocok dijalankan jika Anda tinggal di wilayah pedesaan. Karena perkebunan dan peternakan memerlukan lahan yang sangat luas. Jenis peternakan yang dapat Anda jalankan seperti ayam petelur, ayam pedaging, sapi perah, burung kicau, ataupun bebek. Untuk perkebunannya, Anda dapat membuka kebun buah atau sayur

Perkebunan dan peternakan pastinya mempunyai kelemahan dan keunggulan nya masing masing, bahkan cara untuk menjalankan juga berbeda beda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda belajar dahulu dengan orang yang telah berpengalaman pada bidang ini. Pelajari pula target pasar untuk menjual hasil kebun ataupun hasil ternaknya.

  • Toko kelontong

Toko kelontong sama saja dengan warung pendapat menjadi usaha sudah anda mendapatkan dana  BPJS ketenagakerjaan. Target pasarnya pastinya warga yang ada di wilayah ini sangat mudah Anda jalankan sebab dapat dibuka di rumah sendiri. Barang barang yang dijual di toko kelontong pun merupakan kebutuhan sehari-hari seperti gula, minyak, beras, sabun, dan lain sebagainya.

Apabila anda ingin menjalankan usaha ini, Anda hanya mengeluarkan modal yang kecil saja. Agar bisnis ini menghasilkan keuntungan yang banyak untuk Anda, cobalah untuk menjual kebutuhan yang selalu dicari oleh masyarakat.

  • Foto kopi dan alat tulis

Membuka fotocopy dan toko alat tulis pun bisa menjadi pilihan usaha sesudah Anda mendapatkan dana BPJS ketenagakerjaan. Apalagi, bila anda membangun bisnis ini di area sekolah kampus ataupun area perkantoran. Fotokopi dan alat tulis adalah sebuah kebutuhan pokok yang selalu dicari oleh mahasiswa dan karyawan perkantoran.

Bisnis fotokopi dan alat tulis ini tidak akan pernah mati sebab kebutuhan masyarakat akan menggandakan dokumen sangat tinggi sampai sekarang. Tidak hanya fotokopi saja, ada baiknya Anda juga menyediakan layanan seperti laminasi dokumen, Penjilidan, dan cetak berwarna.

Demikianlah, ulasan mengenai pencairan saldo BPJS TK dan cara mengalokasikannya. Selamat mencoba!