Prospek dan Profesi Lulusan Ekonomi Bisnis di Indonesia

Banyak aspek yang harus diperhatikan sebelum menentukan jurusan kuliah yang tepat. Diantaranya adalah minat yang dimiliki dan prospek lulusan kedepannya. Mengingat tujuan utama dari kuliah adalah mencari ilmu dan ilmu tersebut bisa bermanfaat dan diterapkan di kehidupan nyata. Salah satu ilmu di perguruan tinggi yang cukup relevan dan dibutuhkan banyak orang di dunia nyata adalah ilmu ekonomi bisnis.

Ilmu ekonomi bisnis tidak hanya cocok untuk mencari pekerjaan, namun juga cocok untuk membangun bisnis sendiri atau bahkan sekedar mengatur ekonomi dan keuangan keluarga. Meski begitu secara umum prospek lulusan ekonomi bisnis di Indonesia cukup bagus. Sedangkan profesi yang biasa diisi oleh lulusan ekonomi bisnis adalah sebagai berikut.

1. Perencanaan bisnis berkelanjutan

Bidang kerja perencanaan bisnis berkelanjutan tidak bisa diisi oleh sembarang orang. Biasanya diisi oleh orang-orang yang memiliki pemikiran yang visioner. Tidak hanya itu, mereka harus memiliki karakter kritis dan observatif. Dengan begitu keputusan yang diambil perusahaan tidak salah, dan usaha tersebut tetap bisa konsisten berkembang.

Mereka juga diharuskan menganalisis resiko dari keputusan yang akan diambil. Cukup detail dan perlu ketelitian dalam menjalankan pekerjaan ini. Gaji rata-rata profesi perencanaan bisnis berkelanjutan di Indonesia atau 5 sampai 7 juta.

2. Analisis manajemen bisnis

Profesi ini biasanya bertanggung jawab secara spesifik untuk melakukan analisis dan pengelolaan di bagian tertentu suatu perusahaan. Meski tanggung jawab yang dimilikinya spesifik, namun tidak mudah dalam menjalankannya. Karena mereka harus mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Gaji rata-rata profesi analis manajemen bisnis cukup bervariasi, untuk angkanya berada di antara 3 sampai 7 juta setiap bulannya. Perusahaan yang membutuhkan profesi ini, sebagai besar adalah perusahaan besar dengan sistem manajemen perusahaan yang sudah tertata.

prospek lulusan ekonomi

3. Wirausahawan

Karena dia memahami prinsip bisnis, strategi, perencanaan, manajemen bisnis, dan lainnya maka akan lebih memiliki modal ilmu dalam menjalankan usaha. Dengan modal sebaik itu, akan lebih mudah untuk mengambil keputusan di dalam perusahaan. Misalnya perusahaan tersebut mengalami kerugian atau bahkan gagal, maka bisa mencari solusi yang tepat dan membentuk usaha yang lebih baik.

Pendapatan wirausahawan di Indonesia sendiri sangat beragam, tergantung penjualan produk yang berhasil dia laksanakan. Bahkan ada juga wirausahawan biasa yang sukses memiliki omset ratusan juta setiap bulannya.

4. Konsultan bisnis

Untuk bisa menjadi konsultan bisnis pada umumnya harus menempuh pendidikan minimal S1. Konsultan bisnis ini sendiri bertugas untuk menyediakan jasa konsultasi bagi perusahaan atau perorangan agar perusahaan yang dimiliki oleh orang tersebut bisa lebih berkembang, lebih efisien, atau menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Untuk menjalani profesi ini, perlu banyak pengetahuan yang dimiliki mulai dari kemampuan administrasi, keuangan, bahasa, penjualan, hingga manajemen. Sistem pendapatan dari seorang konsultan bisnis sendiri biasanya per klien yang berhasil mereka tangani, bukan per bulan. Jumlah gajinya juga berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Selain profesi yang telah disebutkan di atas, masih banyak profesi yang bisa dijalankan oleh lulusan ekonomi bisnis, seperti pengajar, pemilik waralaba, manajer regulasi, dan sebagainya. Banyak universitas ternama di Indonesia yang menyediakan jurusan kuliah ini. Dan pembelajaran yang diberikan memiliki cakupan yang luas dan relevan dengan kondisi yang masyarakat Indonesia. Sehingga ilmu yang diterima bisa benar-benar diterapkan untuk diri sendiri maupun membantu orang lain.