Peluang Menarik untuk Mencoba Bisnis Properti

Peluang usaha properti di era saat ini tergolong begitu menguntungkan. Hal tersebut dikarenakan nilai jual properti setiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Pastinya hal tersebut terjadi karena pengaruh kecanggihan teknologi serta kebutuhan yang semakin maju.

Maka tidak heran bila semakin kesini semakin banyak orang yang mencoba menggeluti bisnis properti. Akan tetapi, tidak sedikit juga mereka yang tidak mengetahui secara rinci soal bisnis properti tersebut. Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih lengkap soal bisnis properti dan potensi bergelut di dunia property tersebut, simak artikel ini sampai habis.  

Apa Itu Bisnis Properti?

Secara umum bisnis properti merupakan bisnis atau aktivitas jual beli bangunan, tanah atau sewa property. Untuk jenis properti yang dapat kamu jadikan sebagai bisnis penyewaan seperti apartemen, villa, rumah susun, ruko dan masih banyak lagi.Sejatinya bisnis tersebut dapat kamu lakukan baik dengan modal dan tanpa modal sekalipun.

Peluang Usaha Properti yang Dianggap Sangat Menguntungkan

Untuk kamu yang memiliki rencana membuka bisnis properti, tak ada salahnya mengetahui potensi dari bisnis tersebut. Terdapat beberapa profesi atau peran yang dapat kamu pilih berdasarkan minat. Dibawah ini beberapa peluang dari bisnis tersebut, antara lain:

1.       Agen Properti

Contoh dari bisnis properti yang dapat kamu coba yakni menjadi agen properti. DImana agen properti ini sering dikenal dengan panggilan marketing atau broke. Profesi tersebut menjadi penghubung antara pembeli dan pihak penjual

Secara garis besar, agen properti ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu agen properti independen dan properti perusahaan. Dimana untuk jenis agen properti perusahaan umumnya memiliki landasan hukum yang jelas serta lebih dipercayai oleh para pembeli. Akan tetapi, agen properti perusahaan umumnya akan dibebankan target penjualan. Ditambah bila keuntungan dibagi oleh perusahaan.

Disisi lain agen properti independen dapat memperoleh total keseluruhan dari untung penjualan. Tidak hanya itu, menjadi agen tersebut, jam kerja kamu pun bisa lebih fleksibel. Akan tetapi, kekurangannya kamu tidak memiliki jaminan serta sering kurang mendapatkan kepercayaan.

2.       Developer

Developer juga dapat kamu temukan di bidang bisnis properti. Menjadi salah satu contoh untuk membuktikan kamu adalah developer yakni saat kamu memiliki lahan serta ingin membangun hunian, lalu dijual.

Peluang bisnis dibidang properti tersebut memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalag bila kamu belum memiliki lahan sama sekali. Akan tetapi, keuntungan yang diperoleh begitu besar. Tak jarang orang-orang malah berupaya untuk dapat menciptakan cluster skala kecil supaya pengeluarannya menjadi tidak begitu besar.

Tidak hanya itu saja, ada pula hal yang perlu kamu perhatikan bila ingin menjadi developer, yakni pastikan bahwa lahan kamu bangun hunian berada di kawasan strategis. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memahami terkait legalitas serta mengecek sertifikat.

3.       Homestay

Jenis usaha properti yang dapat kamu coba hanya dengan modal yang tidak begitu besar yakni homestay yang berupa penyewaan kamar. Bila rumah kamu memiliki kamar kosong serta tidak dipakai, sebaiknya kamu jadikan sebagai lahan bisnis. Apalagi bila rumah serta wilayah kamu dekat oleh destinasi wisata.

Memulai suatu bisnis pastinya terdapat hal yang perlu kamu perhitungkan serta perhatikan. Seperti, bila terjadinya sebuah kerusakan fasilitas, membengkaknya berbagai tagihan bulanan, kehilangan peralatan atau perlengkapan isi rumah dan lain sebagainya. Walaupun begitu, bisnis tersebut dapat kamu coba untuk memperoleh pendapatan tambahan.

4.       Investor Properti

Orang yang berstatus sebagai investor property ini umumnya akan membeli beberapa properti yang nantinya akan disewakan atau dijual untuk memperoleh keuntungan. Dimana harga atau nilai jual properti selalu mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya, pastinya peluang usaha satu ini wajib untuk kamu pertimbangkan, dengan segala potensi yang ada didepan mata.

5.       Menjadi Perantara Penjualan

Mungkin kamu sedang mencari lading bisnis properti yang menggunakan modal yang begitu kecil? Bila iya, profesi satu ini dapat kamu coba lakukan. Dimana kamu hanya memerlukan pulsa atau kuota internet. Profesi tersebut merupakan bisnis perorangan yang bertugas sebagai perantara atau penghubung antara pembeli dan penjual.

Umumnya seorang penghubung professional akan segera mencarikan target yang menyukai bisnis properti. Kamu dapat memperoleh keuntungan dari bagi hasil sebesar 2,5 persen dari nilai properti yang ditawarkan. Nah, dari situlah benefit yang bisa kamu dapatkan. Bahkan bisnis ini bisa dikatakan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, karena hanya bermodalkan niat,dan usaha agar bisa mendapatkan pembeli.

Nah, itulah penjelasan singkat soal peluang dalam berbisnis properti, karena apapun profesi yang kamu pilih dalam usaha properti, sebaiknya perhatikan keunggulan dan kekurangannya. Dengan begitu, kamu juga dapat mengetahui profesi mana yang cocok serta mudah untuk kamu lakukan.