Karakter yang Diperlukan Untuk Menjadi Pengusaha Sesuai Kondisi Ekonomi Bisnis Saat Ini

Dalam membangun usaha tidak hanya memerlukan kecerdasan dan besarnya modal, namun juga memerlukan soft skill penting bagi pemilik usaha maupun karyawannya. Karena karakter seorang pengusaha turut membawa pengaruh besar terhadap hasil yang akan didapatkannya. Pemikiran yang dimiliki pengusaha juga harus mampu menyesuaikannya dengan kondisi ekonomi bisnis saat ini.

Karakter yang diperlukan untuk menjadi pengusaha sukses sesuai dengan kondisi saat ini adalah sebagai berikut.

1. Tekun

Tekun dan telaten dalam menjalani bisnis bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk membangun bisnis menjadi terus berkembang sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu ketekunan dalam berbisnis sangat penting, agar bisnis bisa berjalan dengan konsisten.

2. Kreatif

Sikap kreatif seorang pengusaha sangat penting untuk memberikan ide-ide baru sehingga bisa menciptakan produk visioner yang belum dimiliki oleh para kompetitor di bidangnya. Produk visioner dan kreatif selalu memiliki minat sendiri dari para konsumennya.

Abah lagi teknologi yang berkembang saat ini sangatlah maju, sehingga mampu mengubah pola pikir masyarakat yang lebih mengedepankan manfaat dalam membeli suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Banyak tokoh visioner yang sukses menjalankan usahanya seperti max zenbook pendiri Facebook dan Elon Musik yang memproduksi mobil autopilot.

3. Kritis

Sikap kritis ini terbentuk dari proses panjang, agar pola pikir dapat terolah dengan baik. Berpikir kritis sangat penting untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan. Sikap kritis ini juga penting untuk melakukan analisis bisnis. Dengan pola pikir kritis permasalahan yang dihadapi bisa terselesaikan dengan baik dan bisa mengambil keputusan dari berbagai perspektif yang tepat.

4. Bertanggung jawab

Tanggung jawab dalam berbisnis sangat penting karena tanpa tanggung jawab semua produk yang dijanjikan kepada konsumen akan keteteran atau tidak terselesaikan sesuai kesepakatan yang dibuat di awal. Tanpa rasa tanggung jawab juga hubungan dengan supplier akan bermasalah.

Dalam bisnis rasa tanggung jawab ini tidak hanya untuk pemilik usaha namun juga seluruh pihak yang terlibat dari usaha tersebut. Jika ada pihak yang kurang bertanggung jawab, maka bisa menimbulkan masalah tersendiri yang sulit tersebut selesaikan dalam bisnis.

karakter pengusaha sukses

5. Rasional

Kecenderungan berpikir seseorang mempengaruhi kesuksesan usaha yang dimilikinya. Hantu itu akan sangat baik jika pengusaha tersebut memiliki pola pikir yang rasional. Meskipun berpikir menggunakan perasaan juga penting pada momen-momen tertentu. Namun berpikir secara rasional akan jauh lebih tepat ketika hendak mengambil keputusan.

6. Observatif

Melakukan observasi terhadap usaha sendiri maupun usaha kompetitor sangat penting untuk mendorong kemajuan bisnis. Observasi tersebut bisa membantu mengetahui kesalahan sistem perusahaan sebelum menjadi masalah besar. Dengan begitu usaha bisa berjalan lancar bahkan bisa mencapai target yang telah ditetapkan.

7. Bisa bekerja sama

Sangat sulit apabila menjalankan kerjasama secara individual. Pengingat ketika usaha telah berkembang maka akan membutuhkan orang lain untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumen atau dengan kata lain membutuhkan karyawan. Kerjasama dengan karyawan, konsumen, supplier, maupun pihak lain dapat membantu kelancaran bisnis.

Tujuh karakter yang disebutkan diatas tidak hanya perlu dimiliki oleh seorang pemilik usaha saja, akan sangat baik jika karyawan biasa juga memiliki karakter tersebut untuk menunjang pekerjaan yang dijalaninya. Dengan karakter diatas juga bisnis bisa tetap berjalan meski terdapat perubahan kondisi ekonomi bisnis di Indonesia. Meski kemungkinan ada penurunan jumlah omset sama jika tetap memiliki karakter di atas tas makara selalu ada solusi yang bisa ditemukan untuk bisnis.