Ekonomi Indonesia Diramalkan Tumbuh 4,75 Persen di Kuartal I

Perekonomian Indonesia memang menjadi pembahasan yang menarik pada saat ini. Apalagi sekarang masih ada pandemi, dimana bisa dikatakan pemerintah tengah bekerja keras untuk pemulihan ekonomi. Tapi, ternyata pada kuartal I tahun 2022, perekonomian Indonesia diprediksi akan bertumbuh hingga 4,75%. 

Tentu saja, prediksi ini sendiri bukan tanpa data. LPEM FEB UI sendiri lah yang memperkirakan bila pada kuartal I di tahun 2022 ini akan ada pertumbuhan ekonomi mencapai 4,85% secara tahunan. Sehingga dengan kata lain ada estimasi sekitar 4,75% sampai 4,95% pertumbuhan ekonomi pun akan tercapai. 

Dengan ada kabar yang satu ini, jelas memberikan rasa bahagia kepada masyarakat. Terlebih sekarang masih dalam pemulihan ekonomi akibat gempuran dari banyak hal. Tidak hanya dari luar negeri saja, tapi juga dalam negeri. Mengingat awal tahun 2022 sendiri sempat memberikan rasa khawatir karena varian Omicron. 

Tapi, dengan adanya data akan ada pertumbuhan ekonomi inipun akan memberikan banyak sekali perubahan. Dari data yang diterima, ekonomi Indonesia saat ini sendiri sudah cukup baik. Dimana sangat terlihat pada kenyataan investasi yang pada kuartal pertama tahun 2022 ini mencapai 282,4 triliun. 

BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal menyatakan bahwa jumlah tersebut adalah yang paling tinggi hingga 10 tahun terakhir ini. Ada juga indikator lain yang menunjukan bahwa adalah pertumbuhan ekonomi yang sangat jelas, yaitu dari sektor ekspor. 

Dimana kinerja pada sektor ini terbilang sangat baik. Meski juga ada pengaruh global yang cukup memberatkan, salah satunya adalah konflik antara Rusia dan Ukraina yang hingga sekarang masih belum usai. 

Meski pada awal tahun sempat merosot, tapi tercatat surplus dari perdagangan luar negeri mencapai $9,33 miliar USD. Dari banyaknya faktor yang telah disebutkan tersebut, maka ada  kemungkinan bahwa pada tahun ini pun pertumbuhan ekonomi Indonesia akan jauh lebih baik. 

Bayangkan jika ini terus terjadi dan pertumbuhan akan kembali seperti belum pandemi, maka bisa jadi nantinya ekonomi Indonesia akan meroket dan jelas akan memberikan banyak bantuan kepada masyarakat. 

Manfaat dari Naiknya Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 

Jika dilihat dari penjelasan singkat di atas, maka Anda sudah bisa melihat bahwa akan ada banyak manfaat yang didapatkan ketika terjadi pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Ya, tentu saja ada manfaat yang jelas akan dirasakan oleh negara, terutama rakyat dari naiknya pertumbuhan ekonomi ini. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya: 

Pendapatan masyarakat akan meningkat 

Manfaat pertama yang akan dirasakan oleh masyarakat, maka pendapatan masyarakat akan meningkat. Hal ini sendiri karena ada pertumbuhan ekonomi yang sangat jelas, sehingga masyarakat pun akan mendapatkan barang atau jasa yang memang sudah diperlukan dan standar pun akan lebih tinggi. Secara tidak langsung dengan adanya pertumbuhan, maka sudah pasti tingkat kemiskinan juga akan berkurang. 

Ekonomi Indonesia Diramalkan Tumbuh 4,75 Persen di Kuartal I

Pinjaman akan lebih rendah 

Manfaat selanjutnya yang akan didapatkan dengan terjadi pertumbuhan ekonomi adalah pendapatan pajak akan jauh lebih tinggi. Sehingga secara otomatis akan dapat membantu masyarakat. Terutama untuk kebutuhan pinjaman yang jelas akan jauh lebih rendah. Karena dari tingginya pajak yang didapatkan, maka sudah pasti subsidi yang akan diterima oleh masyarakat semakin besar. Dengan demikian pun bantuan seperti kemiskinan, kesehatan dan pendidikan bisa terjamin sangat baik. 

Layanan publik akan semakin baik 

Pertumbuhan ekonomi yang terus membaik, maka sudah pasti akan mengubah layanan publik ke arah yang lebih baik lagi. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, maka sudah jelas pelayanan publik pun akan lebih baik lagi. Misalnya dari pendidikan yang memiliki fasilitas lebih baik, kesehatan dan sektor lainnya. Sehingga masyarakat pun akan mendapatkan kebutuhan mereka pada sektor layanan publik dengan lebih cepat dan mudah. 

Investasi meningkat 

Dengan pertumbuhan ekonomi yang terus ke arah lebih baik, maka di masa depan bisa jadi investasi pun akan meningkat. Kenaikan investasi ini sendiri pun jelas akan memberikan pengaruh baik kepada ekonomi negara dan masyarakat. Karena berarti masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan lebih mudah karena investor telah bergerak untuk membangun ekonomi. Maka masyarakat pun bisa lepas dari beban berat ekonomi saat ini. Sehingga kesejahteraan pun bisa tersebar lebih luas lagi. 

Dengan penjelasan yang ada di atas tersebut, maka bisa dipastikan bahwa kita harus mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Karena jika dilihat manfaatnya, jelas akan memberikan banyak sekali perubahan di dalam negeri. Hal yang paling penting adalah masyarakat Indonesia bisa bebas dari kemiskinan. Dengan adanya bantuan pemerintah dalam bidang pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya, jelas akan menciptakan kesejahteraan yang sudah diimpikan