Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Menjadi karyawan di sebuah perusahaan di Indonesia, Anda tentu mengetahui BPJS Ketenagakerjaan sebab hampir seluruh pekerja di Indonesia tentu mempunyainya. Faktanya meskipun banyak dimiliki, tetapi masih ada juga yang kurang mengerti apa itu BPJS Ketenagakerjaan, manfaatnya dan cara untuk mencairkan dana nya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai BPJS Ketenagakerjaan, supaya Anda lebih paham. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum ke pembahasan selanjutnya, lebih baik Anda mengetahui lebih dahulu apa itu BPJS Ketenagakerjaan.

Ya, BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah program dari pemerintah yang berbentuk pelayanan jaminan sosial dan juga proteksi guna memberi untuk semua tenaga kerja yang ada di Indonesia sampai pensiun. Dahulu, program ini dinamakan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

BPJS ketenagakerjaan merupakan program wajib milik pemerintah, oleh sebab itu masing masing perusahaan yang ada di Indonesia diwajibkan untuk mendaftar kan seluruh pegawai nya pada program ini. Sehingga, bila terdapat perusahaan yang tidak mempunyai fasilitas Bkt ketenagakerjaan, ada baiknya Anda harus mempertanyakan menanggung hal tersebut. 

Jenis Keanggotaan BPJS TK

Program yang satu ini harus dimiliki oleh seluruh pegawai yang ada di Indonesia. Umumnya setiap masyarakat Indonesia, mempunyai jenis keanggotaan BPJS ketenagakerjaan yang berbeda-beda. Masing-masing jenis keanggotaan, nantinya bisa berpengaruh dengan program BPJS TK yang dapat diikuti. 

Manfaat memiliki BPJS TK

Pekerja bisa mendapatkan jaminan kematian dari BPJS ketenagakerjaan ini. Pekerja akan memperoleh dana yang diberikan untuk ahli waris dan juga biaya pemakaman senilai Rp 10 juta. Jaminan ini pun pernah apabila pekerja meninggal dunia tidak di akibatkan karena kecelakaan kerja. Dana ini diberikan sebesar Rp12 juta selama 24 bulan yang dibayar sekaligus.

Apabila pekerjaan memiliki 2 anak, maka akan diberikan beasiswa Pendidikan selama 3 tahun. Beasiswa tersebut maksimal Rp 174 juta. Jumlah jaminan kematian diberikan senilai Rp 42 juta.

Jaminan pensiun

Untuk jaminan hari tua penting guna membantu kesejahteraan pekerja di usia pensiun. Jaminan ini adalah manfaat berbentuk uang tunai yang jumlahnya merupakan nilai akumulasi dari iuran dan juga hasil pengembangan dari bunga deposito. Jaminan ini akan dibayar sekaligus apabila pekerja mencapai umur 56 tahun, cacat total atau meninggal dunia.

Cara klaim dana BPJS TK JHT

Terdapat dua cara anda lakukan untuk mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan ini, Yani secara online melalui e-klaim, dan offline yang datang langsung ke kantor cabang. Cara untuk Anda yang ingin mengklaim dana langsung ke kantor cabang.

  • Kunjungi kantor cabang terdekat.
  • Mengisi formulir untuk mengajukan klaim JHT yang biasanya diberikan oleh petugas BPJS.
  • Apabila klaim 100%, maka Anda wajib menandatangani surat pernyataan bila tidak sedang bekerja di perusahaan apapun.
  • Lalu, Anda akan diberikan nomor antrian.
  • Sesudah dipanggil, serahkan dokumen persyaratan berdasarkan klaim yang ingin anda ajukan.
  • Petugas akan memeriksa dokumen persyaratan JHT milik Anda.
  • Terakhir, apabila seluruh dokumen sudah anda serahkan itu lengkap membuatkan tanggal untuk pencairan dana JHT.

Apabila anda mengikuti cara diatas, maka Anda bisa mendapatkan dana tersebut secara cepat dan juga tanpa hambatan. Nah, berikutnya untuk Anda yang ingin memakai cara online maka harus mengikuti prosedur nya seperti berikut ini. Proses yang satu ini bisa memudahkan Anda tidak harus antri di kantor cabang BPJS yang memakan waktu.

Buka situs dan isi formulir online.

  • Website pendaftaran secara online ini dapat Anda kunjungi di https://es.bpjsKetenagakerjaan.go.id/login/
  • Sesudah itu, lengkapi formulir yang tertera.
  • Isi nomor KTP dengan benar.
  • Isi nama lengkap Anda sesuai dengan yang di KTP.
  • Isi juga tanggal lahir dan nomor KPJ.
  • Alasan Anda mengklaim dana tersebut.
  • Nomor ponsel yang masih berikan kode verifikasi.
  • Mengisi alamat email yang masih aktif.
  • Apabila telah selesai, anda akan masuk pada proses memasukkan kode verifikasi.
  • Jangan lupa untuk mengecek kembali isi formulir secara detail, apabila telah benar maka Anda dapat memasukkan kode verifikasi.

Formulir online ini wajib Anda isi dengan benar dan lengkap, sejumlah kolom mungkin terisi dengan otomatis. Supaya memudahkan Anda, pilihlah kantor cabang terdekat dikota Anda. Sesudah anda mengisi formulir tersebut, selanjutnya akan dimintai tujuan untuk koperasi berikutnya yaitu agar memperoleh kode verifikasi yang dikirimkan ke email.

Lalu, masukan kode tersebut dan Anda akan diminta untuk memasukkan nama pemilik rekening dan juga nomor rekening. Yang terakhir, Anda harus mengunggah beberapa dokumen penting yang telah Anda scan sebelumnya. Apabila telah selesai, akan diberikan pemberitahuan pada kotak merah.

 Itu tadi beberapa cara untuk mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa menjadi petunjuk untuk Anda.